Pentingnya Pengolahan Sampah Organik Rumah Tangga

tempat sampah 3 warna

Pengolahan limbah rumah tangga penting sekali dilakukan agar bisa mengurangi sampah yang ada. Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan tempat sampah 3 warna. Tempat sampah 3 warna tersebut dapat anda gunakan untuk memilah sampah organik, anorganik dan sampah B3 atau bahan berbahaya dan beracun. Dengan memilah sampah-sampah tersebut, anda akan bisa mengolah limbah tersebut berdasarkan jenisnya.

Limbah rumah tangga merupakan penyumbang sampah terbesar. Limbah rumah tangga tersebut berasal dari makanan sisa atau sampah organik lainnya seperti guguran daun. Sampah organik tersebut selama ini masih belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Padahal sampah organik memiliki potensi yang besar untuk anda manfaatkan kembali menjadi barang yang berguna dan mempunyai nilai ekonomis. Berikut ini adalah barang yang bisa dihasilkan oleh sampah organik rumah tangga:

Pupuk Kompos Organik

Anda dapat mengolah sampah organik anda menjadi pupuk kompos organik. Anda bisa mengolah pupuk kompos anda sendiri dengan memanfaatkan sampah organik rumah anda. Pupuk kompos tersebut dapat anda gunakan untuk menyuburkan tanaman.

Eco Enzyme

Eco enzyme merupakan cairan mulitiguna yang terbuat dari bahan organik seperti limbah kulit buah, ampas buah, ataupun sayuran. Anda bisa menggunakan cairan eco enzyme tersebut di bidang rumah tangga, pertanian, peternakan, ataupun bidang industri. Cairan tersebut dapat digunakan untuk bahan kosmetik alami, bahan obat alami, bahan disinfektan atau pembersih lantai, insektisida, dan pupuk cair yang bisa merangsang hormon tanaman untuk meningkatkan hasil panen serta meningkatkan kualitas buah dan sayuran.

Biogas

Sampah organik juga dapat anda manfaatkan untuk menghasilkan biogas. Biogas yang dihasilkan oleh sampah organik ang membusuk dapat anda manfaatkan untuk keperluan sehari-hari. Biogas tersebut akan dapat mengurangi beban rumah tangga dan bisa menjadi sumber energi alternatif yang baru dan terbarukan yang tidak mencemari lingkungan.

Baca Juga :  Yuk, Intip Tips Mudah Menjadi Content Creator!

Arang Briket

Anda dapat memanfaatkan limbah organik seperti daun, daunan, kulit kacang ataupun sisa gergaji kayu menjadi arang briket. Arang briket tersebut dapat anda manfaatkan sebagai alternatif kompor gas ataupun tungku kayu dalam memasak. Arang briket tersebut lebih murah dibandingkan dengan kayu bakar sengga anda bisa menjadi lebih hemat.

 

tempat sampah 3 warna

Itulah beberapa benda yang bisa anda buat dengan memanfaatkan sampah organik rumah tangga. Sehingga penting sekali untuk anda menggunakan tong sampah 3 warna untuk mempermudah pemilahan sampah anda. Jika anda ingin membeli tong sampah 3 warna, anda bisa mengunjungi www.rumah-stainless-fiberglass.com. Mereka menjual berbagai model tempat sampah dan anda juga bisa custom desain logo untuk tempat sampah anda.

 

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *