Inilah Tips untuk Memilih Plastik Kemasan Makanan yang Aman

memilih plastik kemasan makanan yang aman

Plastik adalah bahan yang sering digunakan dalam kemasan makanan karena sifatnya yang ringan, tahan air, dan mudah dibentuk. Namun, tidak semua plastik aman digunakan untuk menyimpan makanan. Beberapa jenis plastik mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat terlepas ke dalam makanan dan berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih Plastik Kemasan Makanan yang aman. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih plastik kemasan makanan yang aman.

Perhatikan Kode Identifikasi Plastik

Pada setiap produk plastik, biasanya terdapat kode identifikasi yang tercetak pada bagian bawah atau sisi plastik. Perhatikan kode tersebut untuk mengetahui jenis plastik yang digunakan. Hindari plastik dengan kode “03” (PVC) dan “07” (lainnya/ campuran), karena jenis plastik ini cenderung mengandung bahan kimia berbahaya seperti ftalat dan bisphenol A (BPA).

Pilih Jenis Plastik yang Aman

Jenis plastik yang umumnya dianggap aman untuk digunakan dalam kemasan makanan adalah polietilena tereftalat (PETE atau PET), polietilena (PE), dan polipropilena (PP). PETE digunakan dalam botol minuman, PE sering digunakan untuk kemasan makanan bertekanan rendah, sedangkan PP umumnya digunakan dalam wadah makanan yang dapat digunakan ulang.

Hindari Penggunaan Plastik Sekali

Pakai Plastik sekali pakai, seperti styrofoam atau polistirena (PS), umumnya tidak direkomendasikan untuk digunakan dalam kemasan makanan yang panas atau asam. Bahan kimia dalam plastik ini dapat bocor ke dalam makanan saat terpapar panas atau asam. Lebih baik pilih kemasan yang dapat digunakan kembali atau pilih kemasan yang terbuat dari bahan alternatif yang ramah lingkungan, seperti kertas atau bahan bio-based.

Perhatikan Warna dan Bau Plastik

Pada umumnya, plastik berwarna gelap atau berbau kuat mengindikasikan adanya bahan kimia berbahaya. Plastik semacam itu dapat merembes ke dalam makanan dan menyebabkan kontaminasi. Sebaiknya pilih plastik yang bening atau berwarna terang dan tidak memiliki bau yang mencolok.

Baca Juga :  Inilah Tips Menjadi Pengusaha Kuliner Sukses di Indonesia

Pastikan Plastik Bersertifikat Aman

Sebelum membeli kemasan makanan plastik, periksa apakah produk tersebut memiliki sertifikasi keamanan dari lembaga atau otoritas yang terkait. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa produk telah diuji dan dinyatakan aman untuk digunakan dalam konteks kemasan makanan.

Memilih plastik kemasan makanan yang aman adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan dan keamanan makanan kita. Dengan memperhatikan kode identifikasi plastik, memilih jenis plastik yang aman, menghindari plastik sekali pakai, memperhatikan warna dan bau plastik, serta memastikan sertifikasi keamanannya, kita dapat mengurangi risiko kontaminasi makanan oleh bahan kimia berbahaya. Lebih baik lagi, pilihlah Harga Plastik Kemasan Makanan sesuai dengan kualitasnya dan terbuat dari bahan lain yang lebih aman dan ramah lingkungan. Dengan demikian, kita dapat menjaga kualitas dan keamanan makanan yang dikonsumsi oleh kita dan keluarga.

 

Jika Anda bingung memilih tempat yang menjual plastik kemasan makanan untuk produk yang Anda jual, WIRATECH adalah solusi yang tepat untuk Anda. WIRATECH menjual plastik kemasan makanan dengan berbagai bahan dan ukuran yang bisa Anda pilih. Tunggu apa lagi, kunjungi laman WIRATECH di https://wiratech.co.id untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai plastik kemasan makanan yang mereka jual.

Recommended For You

About the Author: admin 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *