Garasi Dunia

Kabar Dunia Terkini

Inilah Program Konseling Rehabilitasi Pecandu Narkoba beserta Manfaatnya!

Efek samping yang ditimbulkan oleh narkoba sangatlah besar. Pastinya akan mengganggu baik kesehatan fisik maupun mental. Apalagi kalau digunakan secara terus menerus, tentu akan mengakibatkan kematian. Pentingnya peran keluarga dalam pencegahan penggunaan narkoba adalah hal yang harus mendapatkan perhatian yang lebih. Janganlah berikan kesempatan pada anggota keluarga untuk mendekati barang haram ini. Karena bila sudah terkena zat adiktif narkoba ini, maka akan sulit untuk melepaskannya.

Perlu penanganan khusus bila sudah terkena narkoba ini. Salah satu yang efektif untuk menyembuhkannya hanya dengan melakukan rehabilitasi narkoba. Dan yang jelas akan membutuhkan waktu yang lama dalam pemulihannya. Mulai dari penyembuhan secara medis dan non-medis akan dilakukan semua. Dan takdapat dipungkiri meskipun setelah dinyatakan sembuh, tidak serta-merta sembuh 100%. Meskipun demikian untuk menyongsong masa depan yang baik, perlu penguatan dari sisi mentalnya.

Pada program yang ada pada rehabilitasi, seseorang akan mendapatkan berbagai macam pendampingan konseling agar tidak mengulangi perbuatan tersebut.

Melansir dari  Tribunnews, berikut ini macam – macam pendampingan konseling beserta dengan manfaatnya terhadap pecandu narkoba, antara lain:

Pendampingan Konseling Indivudual

Lembaga rehabilitasi akan membantu seseorang pecandu narkoba dengan pendampingan konseling secara individual. Sehingga akan memfokuskan untuk pemulihan sesuai dengan kondisi emosional dan kepribadian setiap individu.

 

Pendampingan Konseling Kelompok

Untuk membuat seorang pecandu narkoba lebih percaya diri dalam bermasyarakat, nantinya akan diajak bergaul dengan suatu kelompok agar bisa bersosialisasi pasca rehabilitasi. Sehingga dengan demikian pasien tersebut akan diarahkan ke hal yang positif. Biasanya mereka akan diminta untuk terbiasa berceramah dan berdiskusi dengan bertemu banyak orang. Dengan demikian seseorang tidak akan kehilangan peran sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan kedepannya.

 

Pendampingan Konseling Keluarga

Setelah itu peran ikut serta keluarga akan mempengaruhi seseorang untuk cepat sembuh lebih cepat. Kehadiran keluarga akan menjadi dorongan terbaik untuk hidup lebih baik. Dengan terfasilitasi oleh lembaga rehabilitasi, pasien dan keluarga akan berkumpul dengan bersama dengan memberikan motivasi positif. Dengan dukungan penuh, pasien akan merasa diperhatikan dan memiliki rasa aman serta nyaman untuk diterima kembali pada keluarganya.

 

Itulah beberapa pendampingan konseling dan manfaatnya dalam program rehabilitasi pengguna narkoba. Tidak ada yang bisa memperkirakan seseorang sembuh dari jeratan narkoba secara spesifik. Tapi yang bisa dilakukan oleh orang sekitarnya hanyalah mensupport agar pecandu narkoba merasa optimis akan kehidupan selanjutnya.

Anda bisa konsultasikan permasalahan anggota keluarga anda yang kedapatan menggunakan narkoba pada lembaga rehabilitasi Ashefa Griya Pusaka. Cukup dengan mengunjungi laman utamanya https://ashefagriyapusaka.co.id/ atau hubungi via hotline 0813 8888 4646.

Semoga bermanfaat ya