Garasi Dunia

Kabar Dunia Terkini

Begini Layanan Rehabilitasi Bagi Pecandu Narkoba yang Tepat

ashefagriyapusaka

Penyalahgunaan narkoba semakin merajalela di Indonesia. Untuk mengatasi peyalahgunaan narkoba ini tidak hanya membutuhkan peran pemerintah, tetapi juga peran masyarakat agar pecandu narkoba semakin berkurang. Untuk itu diperlukan tempat rehabilitasi agar para pecandu narkoba bisa terbebas dari bahaya narkoba. Dengan berada di tempat rehabilitasi, para pencandu narkoba akan bisa mengobati rasa kecanduan mereka terhadap narkoba sehingga mereka bisa pulih dan kembali ke masyarakat.

Dilansir dari radar jogja agar pengguna narkoba dapat melakukan rehabilitasi dengan baik, maka diperlukan layanan yang tepat bagi pecandu narkoba. Ada berbagai macam layanan yang pecandu narkoba peroleh selama melakukan rehabilitasi. Berikut ini layanannya:

Detoxifikasi

Layanan yang pertama adalah detoxifikasi. Perlu anda ketahui Detoxifikasi merupakan tahapan pertama dalam proses rehabilitasi narkoba. Detoxifikasi merupakan tindakan yang dilakukan oleh pasien agar dapat mengeluarkan racun yang terdapat dalam tubuh akibat penggunaan nakoba. Detoxifikasi dilakukan agar zat narkoba yang terdapat dalam tubuh pasien bisa berkurang. Proses detoxifikasi tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Proses detoxifikasi harus dibawah pengawasan dokter untuk mengurang gejala dari detoxifikasi tersebut. Dalam pelaksanaannya, dalam tindakan detoxifikasi secara natural, pasien akan mengalami rasa sakit atau sakau terhadap zat yang akan dirasakan selama beberapa hari. Setelah beberapa hari, rasa sakit yang pasien alami akan mulai mereda.

Program Rawat Inap

Layanan yang kedua adalah program rawat inap. Pada program rawat inap ini tidak hanya terfokus untuk kecanduan pasien saja, akan tetapi juga bertujuan untuk menggali potensi diri setiap individu pasien. Dan program penggalian potensi diri pasian ini dapat pasien lakukan secara bertahap dengan tujuan agar pasien dapat kembali produktif ketika kembali ke tengah masyarakat nantinya. Program rawat inap ini akan menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pasien.

Program Rawat Jalan

Layanan ketiga adalah program rawat jalan. Program rawat jalan in merupakan program lanjutan  atas selesainya pasien dari program rawat inap. Setelah pasien keluar dari tempat rehabilitasi, paien akan tetap rutin pergi ke tempat rehabilitasi untuk melakukan pemeriksaan serta konsultasi lebih lanjut tentang kondisinya setelah keluar dari tempat rehabilitasi.

Nah, itu tadi layanan rehabilitasi yang tepat bagi pecandu narkoba. Apabila anda memiliki saudara atau kerabat yang mengalami kecanduan narkoba dan membutuhkan perawatan rehabilitasi, anda bisa mengunjungi website https://ashefagriyapusaka.co.id/ dan anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang anda butuhkan mengenai rehabilitasi narkoba.

Semoga bermanfaat ya!