Begini Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Sebagai orang tua, anda tentunya menginginkan anak anda untuk memiliki berbagai prestasi dalam bidang akademis. Tentunya agar anak anda bisa mencapai hal tersebut, anda harus bisa memberikan anak anda perhatian dan perjuangan yang cukup besar. Itu karena mencapai suatu prestasi tidaklah mudah, terdapat perjuangan yang besar.

Anda juga harus bisa menyadari bahwa agar anak anda bisa mencapai prestasi tersebut, anda harus bisa berkeja sama dengn berbagai pihak yang memiliki keterlibatan dalam proses belajar anak anda. Anda tidak bisa selalu mengandalkan guru anak anda yang ada di sekolah, akan tetapi anda juga harus turut membantu mendampingi anak anda saat ia sedang belajar di rumah.

Terdapat berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa anak yang mendapatkan dampingan dari orangtuanya saat sedang belajar di rumah akan bisa lebih berprestasi dalam sekolahnya. Orang tua yang ikut terlibat ke dalam proses belajar anak, bisa membuat anak anda merasa bahwa belajar itu merupakan suatu hal yang penting dan harus ia lakukan. Sehingga anak akan menjdi lebih giat dalam belajarnya.

Tips Mendampingi Anak Belajar

Seringkali orangtua merasa kesal saat sedang mendampingi anaknya saat belajar. Anak-anakpun terkadang merasa takut jika saat belajar ada orangtua yang mendapinginya. Itu karena anak sering dimarahi oleh orangtuanya saat tidak bisa memahami materi pelajaran yang sedang ia pelajari dengan lebih cepat. Akan tetapi para orangtua harus berhati-hati saat sedang mendampingi anaknya, jika terlalu sering memarahinya, anak akan menjadi malas belajar di rumah.

Agar kegiatan belajar anak di rumah bisa lebih menyenangkan dan efektif, anda harus bisa memperhatikan tips mendampingi anak saat belajar berikut ini.

Sediakan Tempat Belajar yang Nyaman

Tempat belajar merupakan salah satu hal penting yang bisa mendukung kondisi belajar anak anda. Pastikan anda mempersiapkan tempat belajar yang nyaman. Seperti tempat yang memiliki pencahayaan dan suhu udara yang baik. Anda bisa memilih anak anda untuk belajar di ruangan yang tertutup seperti kamar belajar. Anda juga bisa mengajak anak anda untuk belajar di tempat publik atau area yang terbuk seperti taman, perpustakaan, kafe, dan lain sebgainya. Dengan begitu anak anda akan merasa lebih santai dalam belajarnya.

Baca Juga :  Mengintip Tips Mudah Memilih Genset Untuk Pabrik

Sesuaikan Gaya Belajar Anak

Saat mendampingi anak anda belajar, anda juga bisa membantu anak anda untuk belajar sesuai dengan gaya belajarnya. Hal itu akan membuat anak anda bisa memahami pelajaran tersebut dengan lebih efektif. Gaya belajar anak terbagi menjadi 3, yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik.

Buatkan Jadwal Anak

Agar anak anda bisa belajar dengan tepat waktu, anda bisa membuat jadwal belajar untuk anak anda. Misalnya saja untuk belajar, anda memberikan jadwal pada pukul 18.00 – 19.00 ataupun menyesuaikan dengan waktu luang yang anda punya. Anda harus bisa menerapkan waktu belajar tersebut secara rutin agar anak anda terbiasa untuk belajar setiap hari. Berikan juga istirahat di sela-sela belajar agar anak tidak mudah lelah ataupun bosan saat belajar.

Maksimalkan Waktu Bersama Anak

Saat sedang mendampingi anak anda belajar, usahakan untuk terus mendampinginya sesuai dengan jadwal yang telah anak anda dan anda tentukan. Jangan sampai saat anda mendapingi anak anda, anda lebih fokus terhadap ponsel anda dan sibuk sendiri. Anda harus benar-benar memperhatikan bagaimana anak anda belajar, apa saja pelajaran yang membuat anak anda merasa kesulitan dan anda harus bisa membantu anak anda. Sehingga anak anda akan merasa lebih nyaman saat sedang belajar bersama anda.

 

Dampingi Anak Belajar Dengan Pijar Belajar

pijar-sekolah-belajar

Saat anda mersa kesulitan untuk membantu mendampingi anak anda seperti kurang mengetahui materi yang sedang anak anda pelajari ataupun soal yang membuat anak anda kesulitan, anda bisa mendapatkan bantuan dari pijar belajar.

Apa Itu Pijar Belajar

Pijar belajar merupakan sebuah paltform aplikasi pembelajaran yang bisa membantu para siswa dalam proses belajrnya tanpa batas tempat dan waktu. Para siswa dapat mengakses aplikasi tersebut kapan saja dan di mana saja sehingga proses belajar anak anda bisa menjadi lebih mudah.

Baca Juga :  Yuk Kenali Tips Mudah Memilih Payment Gateway Untuk Bisnis

Keunggulan Pijar Belajar

Terintegrasi dengan pijar sekolah

Aplikasi pijar belajar tersebut telah terintegrasi dengan pijar sekolah. Sehingga hal tersebut akan memudahkan anak anda untuk mengetahui info mengenai pr dan tugas yang telah guru mereka berikan di sekolah

Materi lengkap SD-SMP-SMA harga terjangkau mulai dari 10rb

Pijar belajar memiliki berbagai materi pembelajaran yang lengkap mulai dari SD hingga SMA. Anda bisa megakses berbagai materi tersebut dengan harga yang sangat terjangkau. Harga tersebut mulai dari 10 ribu rupiah saja.

Bebagai macam konten pembelajaran digital

Pijar belajar memiliki berbagai macam konten belajar. Mulai dari video belajar, buku digital interaktif, hingga lab maya yang bisa anak anda akses secara gratis.

Bisa diakses laptop dan smartphone

Anda bisa mengakses aplikasi pijar belajar ini dengan mudah. Anda bisa mengaksesnya beik melalui smartphone ataupun melalui laptop. Sehingga anda bisa mengakses aplikasi tersebut dengan lebih leluasa.

Terintegrasi dengan konten rumah belajar

Konten rumah belajar merupakan miliki kemendikbud yang bisa membantu para siswa dalam belajarnya. Anak anda akan bisa mengakses konten dari rumah belajar tesebut melalui aplikasi pijar belajar ini.

 

Nah, itulah tips mendampingi anak anda dalam belajar. Mendampingi anak saat belajar sangatlah penting agar anak anda bisa belajar dengan lebih rajin dan nantinya prestasi anak anda di sekolah dapat meningkat. Anda bisa mendampingi anak anda belajar dengan menggunakan aplikasi pijar belajar.

pijar belajar

Aplikasi pijar belajar memiliki berbagai kelebihan untuk proses belajar anak anda. Untuk bisa mendapatkan aplikasi pijar belajar anda bisa mengunduhnya melalui playstore ataupun appstore. Tunggu apa lagi, segera download pijar belajar untuk meningkatkan prestasi anak anda!

Baca Juga :  Trik Seputar Cuci Springbed Jogja dari Grades Home Cleaning

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *