Tips Cara Memperbaiki Laptop Hang dengan Mudah

Pasti anda pernah kesal dan bingung ketika mengoperasikan laptop tiba – tiba hang. Apalagi ditengah anda sedang fokus gunakan untuk bekerja, laptop malah mengalami hang. Tentu para pengguna laptop hampir semuanya pernah mengalami hal begini. Dari mulai kursor tidak bergerak dan fungsi keyboard tidak berfungsi normal. Biasanya awalnya bermula dari kondisi laptop yang lemot atau kurang responsive dalam menjalankan program.

Bila laptop anda sudah menunjukkan performa yang kiranya kurang maksimal / lemot untuk lebih baiknya cari tahu penyebab dan cek secara mendalam. Jangan sampai ketika ditengah pekerjaan menggunakan data yang penting, laptop mengalami hang. Data penting yang anda olah akan rusak / corrupt maupun tidak tersimpan yang mengharuskan anda untuk mengulanginya kembali. Untuk itu kami akan berbagi Cara Memperbaiki Laptop Hang dengan mudah. Simak penjelasan menarik ini hingga akhir ya.

 

Tips Cara Memperbaiki Laptop Hang

1.Tekan CTRL + ALT + DEL

Cara ini digunakan untuk mengatasi kasus laptop hang ringan dengan status Not Responding.  Setelah anda menekan CTRL + ALT + DEL secara bersamaan, maka akan menampilkan Task Manager. Dari sistem Task Manager ini anda dapat menghentikan aplikasi yang error / hang pada list program yang sedang berjalan dengan klik kanan > Pilih End Task. Sehingga laptop akan beroperasi secara normal kembali.

 

2. Setting dari sistem BIOS

Langkah pertama ketika anda mengalami laptop hang, yakni dengan melakukan pengaturan pada BIOS. Berikut caranya:

  • Langkah pertamanya saat anda mengalami laptop hang, anda dapat langsung merestart laptop. Bila sistem tidak meresponnya, anda dapat menekan lama tombol power pada laptop sehingga laptop akan mati. Setelah itu tekan lagi untuk menghidupkannya dan langsung masuk pada sistem BIOS. Dan pada setiap merek memiliki tombol berbeda untuk masuk BIOS seperti F2, F8 dan F12.
  • Kemudian pilih menu Advanced BIOS Features, setelah itu pilihlah yang berhubungan dengan BIOS Cache lalu ubah ke mode
  • Setelah anda pastikan dalam mode disable, jangan lupa untuk simpan pengaturannya ya. Coba operasikan laptop anda seperti biasa, dan rasakan perbedaannya.
Baca Juga :  Inilah Tips Memilih Broker Forex Terbaik untuk Anda

3. Upgrade Processor, RAM dan Hardisk SSD dengan kapasitas lebih besar

Dengan cara upgrade RAM dan Hardisk ini, laptop akan semakin ringan untuk menjalankan program pada sistem operasi. Sehingga anda tidak akan mengalami laptop hang lagi dikedepannya. Semakin besar upgrade yang anda lakukan pada laptop anda, maka akan berpengaruh besar pada performanya.

 

4. Tambahkan Kipas /Fan sebagai pendingin

Terkadang laptop hang berasal dari tingginya suhu pada komponen Laptop seperti Processor, RAM dan lainnya. Dan biasanya debu – debu yang masuk pada celah laptop juga akan mempengaruhi kinerja dari seluruh komponen. Jadi sebaiknya anda bongkar dan bersihkan secara rutin ya.

 

Itulah penjelasan singkat tips cara memperbaiki laptop hang dengan mudah. Dan apabila anda tidak memiliki banyak waktu dan tidak mau ribet untuk memperbaikinya, solusi laptop hang ini dapat anda bawa dan servicekan pada DIVRENCOMPUTER. Salah satu penyedia jasa service computer yang berkompeten dan berpengalaman dibidangnya. Jadi anda tidak perlu khawatir akan kapasitas dari teknisi DIVRENCOMPUTER ini. Tak perlu sungkan untuk mengubunginya pada :

DIVRENCOMPUTER 

Alamat: Jl. Garuda Sakti No.KM1, Simpang Baru, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Website : https://divrencomputer.com

Telepon: 0821-6936-3212

 

Semoga bermanfaat ya !

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *