Tips Cara Cepat Haid Secara Alami

cara cepat haid

 

Pasti ada kalanya haid pada wanita kacau tidak teratur dan masih banyak yang bingung cara cepat haid untuk mengatasinya. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi masalah haid pada wanita ini. Mulai dari dalam internal hingga faktor ekternal. Sebagai wanita sebaiknya anda perhatian dan mengevaluasi secara rutin mengenai haid ini.

 

Tips Cara Cepat Haid

Sebagaimana yang kita tahu, datang bulan ini akan dialami oleh setiap wanita pada setiap bulannya. Dan awal mulanya setiap wanita akan mengalami haid pada umur pubertas sekitar usia 10 tahun sampai dengan 14 tahun. Datang bulan ini ditandai dengan pendarahan pada organ intim wanita yang bersifat normal yang terpengaruhi oleh hormon reproduksi antara lain estrogen dan progesteron. Selain mengeluarkan darah pada organ vital wanita, biasanya akan mengalami pula kram pada perut.

Sesungguhnya untuk mempercepat haid bisa dilakukan dengan metode instan menggunakan obat – obatan. Dan ternyata memiliki efek samping yang akan mempengaruhi pada sistem datang bulan. Untuk itu kami akan mengulas cara cepat haid dengan metode yang alami.

cara cepat haid

Melansir dari charm girls talk, Berikut ini beberapa tips yang dapat anda ikuti untuk mempercepat datang bulan anda, antara lain:

1. Memperbanyak konsumsi air putih

Perlu anda sadari, ternyata mengkonsumsi air putih memanglah dapat menyehatkan tubuh. Sebab kita ini sangat membutuhkan air putih setidaknya minimal 1,5 L setiap harinya. Ini akan berguna untuk membantu dalam sistem metabolisme tubuh sehingga semua fungsi organ dan hormone akan bekerja secara baik. Takhanya itu dengan minum air putih yang cukup akan membantu melancarkan peredaran darah dan sistem pembuangan toksin – toksin racun yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Nah, disaat semuanya tercukupi dan berjalan dengan bagus, maka anda akan terhindarkan dari telatnya haid.

Baca Juga :  Tutorial Top Up PUBG Mobile di VocaGame.com dengan Lebih Murah

 

2. Olahraga secara teratur

Untuk menunjang fungsi seluruh organ dan hormon, maka anda dianjurkan untuk berolahraga secara rutin. Apalagi bila anda lakukan ketika menjelang akan haid, maka seharusnya secara normal siklus haid anda terhindar dari keterlambatan. Jadi bila ada masalah keterlambatan dalam datang bulan, sebaiknya luangkan waktu anda untuk berolahraga meskipun sebentar. Takharus berolahraga secara berat, cukup dengan berolahraga secara ringan tetapi rutin ya.

 

3. Menjaga berat badan ideal

Sejatinya setiap manusia haruslah menjaga berat badannya untuk pada angka berat badan yang ideal. Sebab dengan berat badan yang ideal akan membuat anda datang bulan secara normal. Terlalu kurus maupun terlalu gemuk akan mengakibatkan anda bermasalah pada sistem siklus haid anda. Untuk itu jaga pola makan dan hidup sehat demi terciptanya berat badan yang ideal tersebut.

 

4. Mengkonsumsi vitamin C

Tahukah anda bila vitamin C ini sangat berpengaruh terhadap kinerja dari hormone estrogen dan progesterone. Dengan asupan vitamin C pada tubuh yang cukup akan mengakibatkan hormon esterogen meningkat dan juga hormon progesterone menurun. Dengan demikian ketika waktu menjelang haid akan membuat dinding rahim menjadi berkontraksi dan meluruh. Sehingga cara ini dinilai efektif untuk anda yang mungkin memiliki masalah dalam telat datang bulan.

Sesungguhnya anda bisa mendapatkan vitamin C dari alami antara lain buah – buahan dan sayuran. Tapi saat ini banyak juga kita jumpai banyak suplemen vitamin C yang beredar di pasaran yang sangat mudah anda dapatkan. Meskipun demikian anda tidak sepatutnya mengkonsumsi vitamin C ini secara berlebihan. Secara penelitian klinis, setiap orang tidak boleh mengkonsumsi vitamin C lebih dari 1000mg per harinya. Sebab akan berdampak tidak bagus untuk kesehatan anda, setidaknya bila anda konsumsi vitamin C ini secara berlebihan akan menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan seperti halnya sembelit, diare, mual, muntah dan banyak lagi dampak yang akan anda rasakan.

Baca Juga :  Ini Tips Membuat Kamar di Loteng yang Nyaman dan Menawan

 

5. Mandi dan mengkompres perut dengan air hangat

Cara lain yang dapat anda lakukan ketika ada problem tentang telat haid ini ialah dengan mandi dan mengkompreskan bagian perut dengan menggunakan air hangat. Teknik ini sebenarnya akan lebih efektif lagi bila anda lakukan dengan berendam dalam air hangat. Dengan demikian akan menstimulasikan pelebaran pembuluh darah pada rahim yang akan mempercepat untuk haid anda terjadi.

 

6. Makan sayuran, buah dan rempah – rempah

Dalam mempercepat haid dengan alami anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sayuran, buah dan rempah – rempah. Karena sayuran, buah dan rempah – rempah sangat berguna bagi tubuh kita. Adapun sayuran, buah dan rempah – rempah yang bisa mempercepat datang bulan anda secara alamiah, antara lain:

 

a. Sayuran dan Buah yang mengandung Betakarotin

Sayuran dan  buah yang banyak mengandung betakarotin ini seperti halnya papaya, wortel, serta buah labu. Kandungan Betakarotin ini pula dapat mempengaruhi hormone dari esterogen dan progesteron dalam pola haid anda.

 

b. Konsumsi Jahe dan Kunyit

Jahe dan kunyit merupakan rempah – rempah yang bisa kita temui dengan mudah di sekitar kita. Dua jenis rempah ini mampu pula memicu haid dengan baik dan alami serta teratur.

 

c. Buah Nanas

Buah nanas merupakan buah yang kaya akan enzim bromelain. Menurut penelitian enzim ini penting juga dalam membantu menstruasi dengan cepat. Karena mempengaruhi hormon menstruasi anda yakni estrogen.

 

Itulah penjelasan singkat yang dapat membantu anda dalam cara cepat haid. Bila dari cara diatas belum efektif diaplikasikan pada tubuh anda, anda dapat berkonsultasikan pada dokter untuk tindakan lanjutan. Semoga bermanfaat ya..

Baca Juga :  SSL Murah di Rumahweb !

 

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *