Inilah Tips Mudah Cara Menjadi Pramugari

Pramugari merupakan salah satu profesi di Indonesia. Profesi ini populer di kalangan banyak orang. Tidak mengherankan, hingga saat ini banyak sekali sekolah pramugari yang bertebaran.  Namun, seleksi dan ujian untuk menjadi pramugari tidaklah mudah. Untuk menjadi pramugari, Anda harus melewati berbagai ujian.

Pada pembahasan kali ini Anda akan diberikan sedikit uraian tentang pekerjaan pramugari. Mulai dari persyaratan yang harus dipenuhi hingga ujian yang harus dilewati untuk menjadi pramugari.

Syarat-Syarat Menjadi Seorang Pramugari

Ingin Jadi Pramugari? Tentu menjadi seorang pramugari ada beberapa syarat yang harus anda penuhi. Dengan terpenuhinya sayart tersebut, maka Anda sudah memenuhi beberapa hal dalam cara menjadi pramugari.  Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut.

Standar Pendidikan Pramugari

Persyaratan pendidikan pramugari minimal Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Ariyah (MA), Kejar Paket C, atau sederajat.

Anda juga dapat mendaftar di Diploma D1, D3, D4 dan Sarjana S1 jika memenuhi persyaratan yang diperlukan. Selain tingkat pelatihan di atas, ada sekolah khusus atau kursus pelatihan untuk pramugari

Syarat Fisik Pramugari

Pramugari juga memiliki persyaratan fisik. Ada beberapa persyaratan fisik yang harus dipenuhi pelamar jika ingin mendaftar dan menjadi pramugari. Anda harus memiliki tinggi minimum untuk menjadi pramugari. Pramugari harus tinggi. Tinggi minimum untuk pramugari adalah 160 cm. Pramugari yang sehat dan tangguh dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada penumpang dan memastikan mereka melakukan perjalanan dengan nyaman.

Pramugari tidak boleh menggunakan obat-obatan terlarang. Baik sebelum maupun sesudah perjalanan. Obat-obatan terlarang mempengaruhi kinerja pramugari. Jika kinerja pramugari terganggu, maka perjalanan dan pelayanan kepada penumpang juga bisa terganggu dan tidak nyaman.

Baca Juga :  Rekomendasi Kaca Film Denpasar Terbaik

Pramugari tidak boleh memiliki cacat fisik. Selain kemampuan komunikasi yang baik, pramugari juga harus memiliki penampilan yang menarik. Dalam kondisi ini, pramugari harus menjalani pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Faktor kekurangan fisik, seperti ada tidaknya disabilitas, tidak bisa dimasukkan sebagai pramugari.

Pramugari tidak harus langsing dan tinggi seperti model. Namun, seorang pramugari harus dalam kondisi ideal. Berat badan ideal merupakan salah satu syarat fisik wajib untuk menjadi seorang pramugari.

Syarat Kemampuan Pramugari

Pramugari harus mampu bertahan di segala kondisi yang terjadi selama penerbangan berlangsung. Oleh karena itu ada beberapa kemampuan yang perlu Anda penuhi. Kemampuan ini juga menjadi standar ketika Anda akan memasuki sekolah paramugari. Beberapa keterampilan tersebut seperti berenang, komunikasi, kekuatan fisik, kemampuan bekerja sama, dan kemampuan cepat tanggap dalam bekerja bersama tim.

 

avia kampus penerbangan

Itulah beberapa hal menarik mengenai syarat yang harus Anda penuhi jika ingin memasuki sekolah pramugari. Hal tersebut juga bisa menjadi sumber referensi Anda untuk cara menjadi pramugari. Salah satu sekolah terbaik untuk mewujudkan impian anda menjadi seorang pramugari adalah dengan bergabung di sekolah pramugari di AVIA Kampus Penerbangan. Untuk detailnya cukup kunjungi website https://aviation.astacademy.or.id/.

Semoga bermanfaat ya!

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *