Garasi Dunia

Kabar Dunia Terkini

Bahaya Nakoba Bagi Kesehatan Yang Wajib Untuk Anda Ketahui

dampak bahaya narkoba bagi manusia

Peredaran narkoba kian hari kian meresahkan. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya pengguna narkoba. Penggunanya pun tidak memandang usia, jenis kelamin, dan strata sosial. Banyak orang yang menggunakan narkoba karena tergiur dengan dampak sesaatnya yang membuat mereka menjadi kecanduan. Mereka tidak tahu bahwa dibalik itu narkoba memiiki dampak yang berbahaya bagi tubuh. Dilansir dari tempo, berikut ini adalah bahaya penggunaan narkoba bagi tubuh antara lain:

Dehidrasi

Penyalahgunaan zat yag terkandung dalam narkoba dapat menyebabkan keseimbangan elektrolit dalam tubuh berkurang. Hal ini mengakibatkan badan menjadi kekurangan cairan. Jika dehidrasi ini terus terjadi, tubuh akan mengalami kejang-kejang, muncul halusinasi, perilaku menjadi lebih agresif, dan rasa sesak pada bagian dada. Efek dehidrasi pada jangka panjang ini dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

Halusinasi

Halusinasi merupakan salah satu efek yang sering kali dialami oleh pengguna narkoba seperti ganja. Bukan hanya itu, penggunaan ganja dalam dosis berlebih juga dapat menyebabkan muntah, mual, rasa takut yang berlebih, serta gangguan kecemasan. Apabila pemakaian ganja tersebut berlangsung lama, itu akan menyebabkan dampak yang lebih buruk seperti adanya gangguan mental, depresi serta kecemasan yang terus- menerus.

Tingkat Kesadaran Menurun

Pengguna narkoba yang memakai obat-obatan tersebut dalam dosis yang berlebih akan memiliki efek yang mengakibatkan tubuh menjadi terlalu rileks sehingga kesadaran menjadi berkurang secara drastis. Dalam beberapa kasus, pengguna narkoba akan tidur dengan sangat pulas dan sulit untuk dibangunkan. Hilangnya kesadaran ini dapat membuat koordinasi tubuh menjadi terganggu, sering bingung, dan terjadi perubahan perilaku. Dampak dari narkoba yang memiliki resiko cukup tinggi adalah ingatan menjadi hilang sehingga sulit untuk mengenali lingkungan sekitar.

Kematian

Dampak terburuk dari penggunaan narkoba terjadi jika si pemakai menggunakan obat-obatan tersebut dalam dosis yang tinggi, atau biasa disebut dengan overdosis. Pemakaian sabu-sabu, opium, dan kokain bisa mengakibatkan tubuh kejang-kejang dan jika terbiarkan bisa menimbulkan kematian. Itulah akibiat fatal dari kecanduan narkoba sehingga nyawa menjadi taruhannya.

Gangguan Kualitas Hidup

Bahaya narkoba tidak hanya berdampak buruk bagi kondisi tubuh, akan tetapi juga bisa mempengaruhi kualitas hidupnya. Misalnya pengguna narkoba akan susah untuk berkonsentrasi saat bekerja, mengalami masalah keuangan, hingga bisa berurusan dengan pihak kepolisian jika ia terbukti melanggar hukum. Pemakaian zat-zat narkotika hanya boleh untuk kepentingan medis saja, sesuai dengan pengawasan dokter dan juga untuk keperluan penelitian. Selebihnya, zat-zat narkotika tersebut hanya akan memberikan dampak buruk bagi tubuh. Sehingga kualits hidup akan terganggu, dan akan membuat banyak masalah baru seperti relasi dan keluarga menjadi kacau, kesehatan menurun, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, jangan sekali-kali memakai narkoba karena resikonya sangat tinggi bagi hidup dan kesehatan. Memang saat masih sedikitnya lembaga rehabilitasi narkoba yang ada di Indonesia, sehingga bisa menjadi potensi meningkatnya pengguna narkoba. Meskipun demikian apabila terdapat saudara atau teman di sekitar anda yang memakai narkoba anda bisa menghubungi Ashefa Griya Pusaka untuk berkonsultasi mengenai program rehabilitasi. Marilah kita tolong mereka dengan agar tidak semakin parah dalam mengkonsumsi narkoba tersebut. Anda bisa dapatkan tempat rehabilitasi yang tepat salah satunya yang terbaik di Ashefa Griya Pusaka. Bila ada yang perlu ditanyakan langsung hubungi saja ke hotline 0813 8888 4646 atau mengunjungi website resminya di https://ashefagriyapusaka.co.id/.

Semoga bermanfaat ya