Apa Saja Kekurangan dan Kelebihan Pipa HDPE Corrugated?

pipa hdpe corrugated

Kamu pasti tidak asing dengan pipa berbentuk gelombang yang biasa ditemukan pada proyek pembangunan gedung. Pipa jenis ini disebut pipa HDPE corrugated.

Pipa HDPE corrugated atau pipa geo-pipe merupakan pipa yang terbuat dari material plastik jenis HDPE (High-Density Polyethylene) dan dibentuk bergelombang. Dari banyaknya jenis pipa, seperti pipa tembaga dan PVC, pipa HDPE corrugated lebih sering digunakan untuk drainase, saluran limbah, ventilasi, dan pipa air hujan di bawah tanah.

Bukan hanya tahan lama, pipa HDPE corrugated disukai karena fleksibel dan mudah dipasang. Namun, pipa ini juga tidak bisa diaplikasikan di luar ruangan yang terpapar sinar matahari sepanjang waktu, karena dapat membuat strukturnya lebih rapuh.

Sebelum membelinya, sebaiknya kamu perlu mengenali kekurangan dan kelebihan pipa HDPE corrugated. Berikut penjelasannya.

Kegunaan Pipa HDPE Corrugated

Pertama, mari cari tahu pipa HDPE corrugated bisa digunakan untuk kebutuhan apa saja. Pipa jenis ini menjadi salah satu komponen material bangunan yang disukai oleh para kontraktor.

Dilansir dari Raja Pipa Indonesia, pipa HDPE corrugated umumnya digunakan untuk:

  • Drainase hutan, kebun, dan lahan pertanian
  • Saluran untuk pembuangan kotoran pabrik atau gedung bertingkat
  • Saluran pembuangan limbah rumah tangga
  • Pelindung kabel listrik dan kabel optik
  • Saluran irigasi
  • Ventilasi tambang dan pasokan udara
  • Drainase limbah kereta api dan jalan raya
  • Rembesan air di lapangan golf dan lapangan sepak bola

Karena kegunaannya yang multifungsi, pipa ini bisa ditemukan dengan mudah di setiap toko material bangunan. Meski begitu, kamu tetap harus memperhatikan karakteristiknya dan membelinya di distributor terpercaya yang jual pipa hdpe corrugated.

Kekurangan Pipa HDPE Corrugated

Berikut beberapa kekurangan pipa HDPE corrugated yang bisa menjadi pertimbanganmu sebelum membeli.

Baca Juga :  Kenali Berbagai Macam Media Penyimpanan Untuk CCTV

1. Tidak Tahan Panas

Pipa ini memiliki batasan suhu operasi yang lebih rendah dibanding pipa logam. Umumnya, pipa HDPE corrugated akan mudah rusak jika digunakan untuk aliran fluida di atas 122°C.

Selain itu, pipa ini juga dapat terdegradasi dan mudah rapuh jika terkena sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, pipa HDPE corrugated tidak disarankan untuk penggunaan fluida panas dan dipasang di luar ruangan.

2. Rentan Terhadap Bahan Tertentu

Bahan tertentu, seperti hidrokarbon aromatik dan pelarut kuat, dapat merusak pipa ini. Karena itu, penggunaan pipa ini lebih umum untuk air limbah, drainase perkebunan.

Kelebihan Pipa HDPE Corrugated

Dengan berbagai kekurangan di atas, pipa HDPE corrugated masih tetap menjadi andalan untuk pipa saluran air karena memiliki kelebihan sebagai berikut:

1. Mudah Dipasang

Salah satu kelebihan pipa HDPE corrugated yang disukai yaitu pemasangannya yang mudah. Pipa ini sudah dilengkapi soket atau spigot male-female pada ujungnya, serta rubber ring agar sambungan lebih kuat. Jadi, kamu hanya perlu memasukkan ujung pipa ke ujung pipa satunya, lalu rekatkan dengan rubber ring agar tidak bocor dan lepas. 

2. Tahan Lama

Pipa jenis ini awet dan memiliki umur panjang, hingga lebih dari 30 tahun. Tentunya, ini mengurangi biaya perawatan dan penggantian.

3. Fleksibel

Dinding pipa ini didesain ramping namun kuat. Dengan adanya ring atau gelangnya membuat pipa ini lentur dan dapat berbelok-belok mengikuti kontur tempat pemasangannya. Karena itu, pipa HDPE corrugated mudah ditempatkan di mana-mana secara fleksibel.

Pipa HDPE corrugated hadir di pasaran dengan tiga macam bentuk, yaitu Single Wall Corrugated Pipe dengan satu lapisan dinding, Double Wall Corrugated Pipe dengan lapisan dalam dan luar berprofil, serta Spiral Corrugated Pipe yang banyak diaplikasikan di gorong-gorong.

Baca Juga :  Ketika Rumah Bertemu Musim Hujan: Perlindungan Asuransi dan Persiapan Terbaik Anda

Recommended For You

About the Author: admin 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *