Garasi Dunia

Kabar Dunia Terkini

Salah satu Prestasi Kampus Swasta Unggulan Universitas Pertamina!

Kampus Swasta Unggulan

Universitas Pertamina merupakan Kampus Swasta Unggulan non-kedinasan yang berada dibawah naungan yayasan pertamina. Perlu anda ketahui Universitas Pertamina ini terletak di Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Dan Universitas Pertamina memiliki beragam jurusan dan tidak hanya fokus pada sains dan teknologi, Universitas Pertamina juga memiliki jurusan di bidang sosial dan humaniora. Universitas ini telah mendapatkan banyak penghargaan, salah satunya adalah Universitas Pertamina meraih Silver Medal dalam Indonesia International Invention Expo (IIIE).

 

Prestasi Unggulan Universitas Pertamina

Dalam Indonesia International Invention Expo (IIIE) Universitas Pertamina melakukan penelitian yang berjudul “Utilization of Fermented Onion Peels (Allium Ascalonicum L.) As Liquid Organic Fertilizer On Chilli Growth”. Tim dengan anggota Azhari Noor Sufie, Arinda Virgiana, Dandy Muhammad Irwan, dan Siska Dwi Wahyuni melakukan percobaan dengan mengolah kulit bawang merah untuk bahan dasar penyubur tanaman organik dengan penamaan O-Boost atau Onion Boost.

Mereka mengolah kulit bawang merah tersebut dengan melakukan fermetasi minimal selama 3 bulan. Fermentasi tersebut berguna agar kulit bawang merah dapat menghasilkan mikro organisme yang nantinya dapat pemanfaatan untuk Pupuk Organik Cair (POC). Selain itu hasi fermentasi kulit bawang merah juga mengandung, senyawa flavonoid fenolik, terpenoid dan zat pengatur tumbuh (ZPT) yang mampu menghambat pertumbuhan hama dan merangsang pertumbuhan akar dan bunga.

Mereka melakukan percobaan pada 3 bibit tanaman cabai selama 40 hari. Sampel pertama adalah tanaman cabai tanpa menggunakan POC atau O-Boost. Untuk sampel yang kedua adalah tanaman cabai yang memakai O-boost. Untuk sampel yang terakhir adalah tanaman cabai yang menggunakan POC dengan tambahan Mikro Organisme Lokal (MOL).

Mereka melakukan percobaan dengan mengukur tinggi tanaman, jumlah daun rata-rata, dan jumlah buah cabai. Hasilnya dari percobaan tersebut adalah sampel tanaman cabai yang menggunakan O-boost lebih unggul dari dua sampel lainnya segi tinggi, jumlah daun, dan jumlah buah.

O-boost tidak hanya mengurangi limbah kulit bawang merah tetapi juga baik bagi kesehatan dan lingkungan dibandingkan dengan pupuk kimia lain. Hal ini dikarenakan tanaman yang terlalu banyak diberikan pupuk kimia lalu dikonsumsi oleh manusia akan menimbulkan biomagnifikasi yaitu penimbunan zat-zat berlebihan pada tubuh yang mampu menghasilkan racun yang berbahaya bagi kesehatan. Kedepannya Universitas Pertamina akan meneliti produk O-boost lebih lanjut untuk skala yang lebih besar.

Itulah keunggulan dan prestasi yang tertorehkan oleh universitas pertamina dalam penelitian yang berguna untuk masyarakat luas. Sehingga tidak perlu anda ragukan lagi mengenai kualitas dan kapasitasnya untuk membentuk SDM yang unggul.

Cara Mendaftarkan ke Universitas Pertamina

universitas pertamina

Bagi siswa/siswi yang tertarik bergabung pada Universitas Terbaik di Jakarta yaitu Universitas Pertamina (UPER), anda bisa mempersiapkan diri untuk Seleksi Mahasiswa Baru UPER Tahun Akademik 2023/2024. Informasi lengkap terkait program studi serta syarat dan ketentuan pendaftaran dapat anda akses di laman https://pmb.universitaspertamina.ac.id. Jangan sampai anda melewatkan begitu saja, anda bisa persiapkan persyaratannya mulai sekarang ya!