Lakukan 3 hal penting ini saat kamu berusia 13 tahun !

Pramela Augustina Siagian

Meskipun sibuk dengan sekolah, kehidupan sosial dan olahraga, kamu yang berusia 13 tahun atau yang sering disebut sebagai remaja, sangat penting untuk meluangkan waktu memperhatikan kulit wajahmu.

Agar tetap terlihat sehat, kulit wajah harus dirawat sejak usia remaja atau sejak usia 13 tahun. Mengapa demikian? Apa dampaknya bila tidak dirawat sejak remaja? 

Manager salah satu klinik kecantikan, Pramela Augustina Siagian, menjelaskan penting sekali merawat kulit dari usia 13 tahun, agar kedepannya kulit tetap sehat dan terawat meski sudah masuk usia tua. Sejak usia 13 tahun, dianjurkan menggunakan produk skincare berbahan alami. Pada saat remaja, masalah jerawat memang yang paling sering dialami. Selain karena faktor pubertas, juga karena anak remaja masih malas merawat kulit wajahnya.

Pramela Augustina Siagian

Pramela Augustina Siagian mengatakan perawatan utama yang wajib dilakukan saat usia 13 tahun adalah :

1. Mencuci Wajah

Mencuci wajah cukup dilakukan 2x sehari bersamaan dengan mandi yakni di pagi dan sore hari. Terlalu sering cuci muka juga membuat kulit lebih mudah melepaskan sebum (minyak kulit). Kebiasaan yang tidak tepat ini bisa memecah keasaman kulit yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar keringat, minyak, dan bakteri baik.

“Anak-anak pulang sekolah mukanya berminyak dan kotor. Tapi anak-anak paling malas cuci muka,” ungkapnya.

2. Gunakan Sunscreen dan Pelembab

Selain membersihkan wajah, perawatan wajib lainnya sejak usia 13 tahun adalah penggunaan sunscreen dan pelembab. Hal ini harus dilakukan demi menjaga kulit wajah tetap sehat. Apalagi Indonesia yang beriklim tropis, maka penggunaan sunscreen sangat diperlukan.

“Anak-anak rentan terkena cahaya UV karena banyak aktivitas di luar, sebab itu membutuhkan UV protection. Namun anak-anak sulit melakukannya. Perlu dukungan orangtua juga dalam hal ini” ujar Pramela.

Baca Juga :  Inilah Program Konseling Rehabilitasi Pecandu Narkoba beserta Manfaatnya!

Padahal, jika remaja rajin merawat wajah dengan menggunakan skincare langkah demi langkah, maka akan terlihat perbedaannya.

3. Lakukan Facial Basic untuk Remaja 

Meski rajin menggunakan skincare, pori-pori kulit wajah remaja masih bisa tersumbat karena kandungan dalam skincare yang dipakai ternyata bukan yang non-comedogenic.

Non-Comedogenic adalah istilah dalam produk skincare yang berarti “tidak menyumbat pori-pori”. Pemakaiannya tidak akan memicu munculnya komedo dan jerawat.

Non-Comedogenic tidak dapat mengobati komedo atau jerawat, melainkan mencegah munculnya masalah tersebut.

Jika remaja sudah terlanjur memiliki banyak komedo dan jerawat di wajahnya, mereka bisa lakukan facial basic di klinik perawatan kulit. 

Ada banyak manfaat facial, tetapi bagi remaja khususnya, facial basic mampu membantu membersihkan komedo dan pori-pori tersumbat yang disebabkan oleh produksi minyak yang berlebih. Skincare yang digunakan di rumah hanya dapat membantu mengurangi pori-pori yang tersumbat. Diperlukan ahli kecantikan profesional untuk mempersiapkan kulit dengan benar sebelum ekstraksi manual dilakukan dengan cara yang aman dan efektif agar hasilnya komedo dapat diekstraksi dan kulit wajah jadi lebih cerah sekaligus lembut setelah facial.

Seberapa sering Facial harus dilakukan? 

Tergantung pada masalah kulit setiap remaja itu sendiri. Untuk yang memiliki masalah kulit cukup parah seperti masalah jerawat yang membandel, direkomendasikan untuk melakukan Facial setiap 2 minggu sekali. Namun, untuk yang yang tak memiliki masalah apapun dan hanya untuk menjaga kesehatan kulit, 4 bulan sekali adalah waktu yang tepat untuk melakukan Facial.

“Kalau tidak dirawat dari awal akan timbul jerawat, karena produksi minyak yang berlebih. Nanti ujungnya, bopeng bekas jerawat juga akan susah dihilangkan dan perlu advanced treatment seperti dermapen ” kata Pramela.

Baca Juga :  Cara Membuat Sushi: Petualangan Kuliner di Rumah

“Apalagi jika baru mulai merawat wajah sejak usia 25 tahun keatas, biasanya sudah mulai ada flek hitam karena banyak orang awam menggunakan produk berbahan merkuri. Kolagen juga mulai berkurang setiap tahun. Makanya harus dijaga sejak usia 13 tahun. Dijaga sejak awal,” tambahnya.

Jadi mumpung masih remaja, jangan malas memakai skincare dan lakukan facial di klinik perawatan kulit yang bisa dipercaya yah.

Recommended For You

About the Author: admin 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *