Inilah yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Beralih ke Pembayaran Digital

 

Perkembangan masa kini yang semakain pesat dapat memunculkan cara baru yang akan mempermudah aktivitas bisnis. Salah satu contohnya alat pembayaran non tunai yang akan menghilangkan kesulitan dalam melakukan transaksi.

Saat ini transaksi non tunai akan sangat mudah kamu temui di berbagai bidang, termasuk bisnis kuliner. Berbagai inovasi yang berhubungan dengan pembayaran secara digital terus berkembang seperti kartu ATM, kartu kredit, kartu debit, e banking, uang elektronik, dan lain sebagainya.

Tentunya, sistem pembayaran non tunai sangat penting bagi perkembangan bisnis offline kamu, apalagi di masa pendemi seperti ini. Adanya sistem transaksi cashless akan membuat kehidupan menjadi lebih praktis, terutama bidang ekonomi.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin mulai beralih ke pembayaran non tunai. Simak pembahasannya sampai selesai, ya!

Memastikan Koneksi yang Aman dan Stabil

Koneksi yang stabil dan aman untuk melakukan transaksi menjadi salah satu hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin beralih memanfaatkan pembayaran non tunai. Jaringan yang stabil akan mempercepat dan meminimalisir kegagalan proses transaksi yang sedang berlangsung.

Jaringan dengan koneksi yang aman akan membuat kamu terhindar dari jaringan yang terhubung dengan publik sehingga data pribadi milik bisnismu akan terjaga dari cyber crime.

Apabila sampai ada data pribadi dari konsumen yang tercuri oleh peretas, maka pelanggan akan kecewa dan mengurungkan niat untuk melakukan transaksi di bisnismu lagi.

Hal tersebutlah yang bisa mempengaruhi citra bisnis di mata para target pasar. Bisnis yang memiliki citra yang kurang bagus, apalagi yang berkaitan dengan keamanan pelanggan maka akan kehilangan kepercayaan konsumen dengan cepat.

Sebelum kamu beralih menggunakan sistem pembayaran nontunai, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini. Simak ulasannya sampai selesai, ya!

Baca Juga :  Inilah Beberapa Panduan Memulai Bisnis Jamu Tradisional

Menyedikaan QRIS

Sebagai upaya untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dan pengusaha, bisnismu bisa memanfaatkan POS yang telah terintegrasi dengan payment gateway. Dengan langkah ini bisnismu akan dengan mudah menerima kode QRIS dari setiap pembayaran yang berlangsung.

Pengusaha kini tidak perlu lagi repot karena POS bisa menerima pembayaran non tunai dari seluruh penyedia layanan yang sudah tersedia pada Quick Response Code Indonesia Standard atau QRIS.

Menyediakan Perangkat POS

POS atau Point of Sale adalah sebuah sistem yang berguna untuk penjualan atau bisnis ritel. Umumnya, aplikasi POS terinstal pada computer atau mesin kasir yang sudah canggih. Kini, selain POS yang berbasis website, juga ada POS yang bisa berbasis mobile yang lebih efisien dan praktis.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam mengoptimalkan transaksi pada bisnis milikmu menjadi sistem pembayaran non tunai.

Perlu kamu ketahui bahwa dengan menyediakan transaksi non tunai, maka bisnis offline akan lebih berkembang di masa digital seperti sekarang. Terlebih, situasi pandemi mendorong masyarakat menjadi lebih memilih transaksi secara cashless.

Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan adaptasi dan mulai beralih ke strategi bisnis yang menguntungkan. Pembayaran non tunai dapat menjadi upaya dalam meningkatkan penjualan dalam bisnis.

Yuk, awali transaksi online kamu bersama aplikasi GoBiz. Aplikasi ini merupakan super app dari Gojek yang bisa membantumu dalam mengembang usaha, mulai dari pencatatan pesanan, menyediakan beragam metode pembayaran, sampai membantu menjangkau masyarakat lebih luas.

Mari kelola bisnis dengan satu gengggaman bersama aplikasi GoBiz. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai aplikasi GoBiz tersebut, kamu bisa langsung mengunjungi gobiz.co.id. Semoga bermanfaat!

 

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *