Ciri-ciri Gula Darah Tinggi pada Kulit

Ciri-ciri Gula Darah Tinggi pada Kulit

Gula darah tinggi atau hiperglikemia dapat menyebabkan berbagai perubahan pada kulit. Mengenali tanda-tanda ini penting untuk mencegah komplikasi lebih lanjut. Melansir dari pafikotasurakarta.org, Berikut adalah beberapa ciri-ciri gula darah tinggi yang tampak pada kulit.

1. Kulit Kering dan Gatal

Kulit kering dan gatal sering menjadi salah satu tanda awal gula darah tinggi. Ketika kadar gula darah tinggi, tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urin, yang mengakibatkan dehidrasi dan kulit kering. Rasa gatal biasanya muncul akibat kulit yang sangat kering.

2. Infeksi Kulit

Gula darah tinggi melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga kulit lebih rentan terhadap infeksi. Infeksi bakteri dan jamur lebih mudah terjadi, menyebabkan kulit menjadi merah, bengkak, dan terasa sakit. Infeksi yang umum termasuk selulitis dan kandida.

3. Luka yang Sulit Sembuh

Luka yang sulit sembuh adalah tanda lain dari gula darah tinggi. Aliran darah yang buruk dan kerusakan saraf akibat hiperglikemia menghambat proses penyembuhan luka. Luka kecil bisa berkembang menjadi ulkus yang serius jika tidak ditangani dengan baik.

4. Perubahan Warna Kulit

Perubahan warna kulit, seperti munculnya bercak gelap, terutama di lipatan kulit, juga merupakan ciri gula darah tinggi. Kondisi ini disebut acanthosis nigricans. Bercak gelap biasanya muncul di leher, ketiak, atau selangkangan.

5. Kulit Menebal

Hiperglikemia kronis dapat menyebabkan penebalan kulit, terutama di bagian belakang leher dan punggung atas. Kondisi ini dikenal sebagai diabetic dermopathy, yang ditandai dengan bercak-bercak kecil, bulat, berwarna coklat atau merah muda.

6. Kulit Mengelupas

Kulit yang mengelupas dan pecah-pecah juga dapat menjadi tanda gula darah tinggi. Ini terjadi karena kulit kehilangan kelembaban dan elastisitasnya, membuatnya lebih mudah mengelupas dan pecah.

Baca Juga :  Tips Memilih Motor Sebelum Membelinya Dengan Tepat

7. Xanthomas

Xanthomas adalah benjolan kuning kecil yang bisa muncul di kulit sebagai tanda gula darah tinggi. Benjolan ini biasanya muncul di kelopak mata, siku, atau bokong. Mereka terbentuk akibat penumpukan lemak yang tidak normal di bawah kulit.

Kesimpulan

Mengenali ciri-ciri gula darah tinggi pada kulit sangat penting untuk mencegah komplikasi serius. Jika Anda mengalami salah satu dari tanda-tanda ini, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Dengan menjaga kadar gula darah tetap stabil, Anda bisa mencegah masalah kulit dan komplikasi lainnya.

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *